Kamis, 11 Mei 2017

Permainan Taplak


Permainan Taplak
Permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan era jaman 90-an. Di daerah saya permainan ini biasa disebut dengan sebutan permainan taplak. Biasanya permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih.  Permainan ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, ternyata gaes (gaul dikit lah ya pakai bahasa gaes hihi…☺☺☺) permainan ini popular juga di luar negeri. Tentunya terdapat beberapa perbedaan sedikit konsep permainannya.

Dalam bahasa Inggris, permainan ini disebut hopschotch. Sebuah sajak di Morecambe, Inggris menunjukkan bahwa permainan ini sudah dimainkan sejak abad ke- 17. Di samping itu ada pula fakta yang menunjukkan bahwa permainan ini sudah populer sejak masa kekaisaran Romawi.


Di Indonesia sendiri asal mula dari permainan ini masih simpang siur. Pendapat yang paling umum menyatakan bahwa permainan ini berasal dari Belanda dan berkembang di masyarakat pribumi pada masa penjajahan. Nah itu dia gaes, kilas asal usul permainan taplak di Indonesia. Masih pada ingat cara bermain permainan ini gaes? Cara mainnya gampang kok, kamu tinggal menggambar saja pola kotak-kotak seperti pola gambar diatas bisa di atas tanah bisa juga di atas semen (biasanya sih saya mainnya dulu diatas tanah, maklum jaman dulu masih banyak tersedia lahan kosong diperumahan saya), atau kamu punya pola gambar sendiri bisa juga sih, soalnya ada pola kotak yang lain lagi yang sering saya mainkan dulu.

Kemudian kamu harus menyiapkan selempeng bekas genteng atau batu yang datar bentuknya agar kamu mudah untuk melempar ke dalam kotak-kotak. Lemparkan lempengan itu ke dalam kotak yang pertama, setelah itu kamu tinggal melompat ke dalam setiap kotak yang ada dengan menggunakan satu kaki saja (jangan menginjak kotak yang ada lempengan bekas genteng ya), namun kamu juga terkadang harus melompat dengan langsung menapakkan dua kaki kamu sekaligus (seperti gambar diatas), lakukan seperti itu terus sampai pada pola kotak yang terakhir.

Kemudian, melompat sambil berbalik arah dan ambil lempegan genteng kamu dan jika kamu berhasil sampai melewati semua kotak berarti kamu bisa lanjutin terus permainannya sampai kamu menyelesaikan lemperan lempengan genteng ke kotak yang terakhir. Syarat permainan ini kamu jangan sampai menginjak garis-garis kotak, jangan sampe kamu terjatuh, dan jangan sampai melempar lempengan genteng keluar dari garis-garis kotak. Jika kamu melakukan hal itu, maka kamu kalah dan harus bergantian main dengan teman main mu.


Gimana gaes, udah mulai keinget-inget dengan kenangan kamu “doloe” waktu bermain permainan ini? Atau mulai kangen sama masa kanak-kanak kamu? Atau kamu mulai kepengen mainin permainan ini lagi? Heheheheheh….. Permainan ini tentunya memberikan kamu manfaat yaitu dengan tidak sengaja kamu berolahraga dan mengeluarkan keringet, apalagi kalau kamu mainnya jam 12 siang hehe…. Selain itu, kamu jadi lebih banyak teman, bersosialisasi dengan teman sebayamu, dan tentunya membuat kamu senang. Masih banyak permainan era 90-an selain ini yang akan saya psoting lagi, untuk permainan ini cukup sampai di sini ya gaes. Selamat bernostalgia gaes ☺☺☺…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamagoci

Anak perempuan era 90-an mana yang gak tau benda “Tamagoci” ini?? Gambar permainan tamagoci Pasti anak perempuan era 90-an dulu p...