Minggu, 14 Mei 2017

Permainan Cinaboy



Permainan ini bisa dimainkan baik oleh perempuan maupun laki-laki, namun terkadang campuran (ada laki-lakinya juga ada perempuannya). Disetiap daerah penyebutan nama permainan ini berbeda-beda, kalau ditempat saya di Lampung khususnya di Kalianda penyebutan permainan ini adalah “Cinaboy” (padahal mah gak ada sangkut pautnya sama sekali dengan orang china haha).

Permainan Cinaboy
Nah, kalau di daerah Pati, Jawa Tengah, permainan ini dikenal dengan Gaprek Kempung. Di daerah Sunda, ada yang menyebutnya boy-boyan, ada juga yang menyebutnya bebencaran. Sedangkan, beberapa daerah lainnya permainan ini disebut Gebokan, karena katanya suara yang biasa ditimbulkan apabila bola karet yang digunakan dalam permainan mengenai anggota badan dari pemain akan menimbulkan suara “Gebok”. Akan tetapi, meskipun penyebutannya berbeda-beda prinsip kerja mainnya masih sama kok.


Permainan tradisional ini ternyata berasal dari Jawa Barat loh guys. Permainan ini memadukan strategi dalam permainan, kecepatan, dan kelincahan untuk menghindar dari serangan lawan. Permainan Cinaboy ini biasanya dimainkan oleh dua kelompok yang terdiri dari beberapa orang biasanya lebih dari tiga orang. Gimana guys, udah mulai inget gak waktu jaman kalian memainkan permainan ini, atau lupa-lupa inget gimana cara meminkannya?

Cara mainnya gini guys, cari terlebih dahulu beberapa lempengan pecahan genteng (ya bisa juga sih lempengan pecahan batu yang penting bisa dibuat susunan keatas) atau beberapa kaleng bekas, kemudian susun keatas. Kemudian siapkan bola kasti atau sejenisnya yang bisa digunakan buat menimpuk lawan atau menimpuk tumpukan lempeng genteng tersebut. Selanjutnya, lakukan suit atau pengundian untuk penentuan kelompok mana yang mejadi penjaga tumpukan lempengan genteng tersebut.

Setelah mendapat siapa yang menang, kelompok yang menang berhak untuk memulai permainan duluan. Anggota kelompok yang menang secara bergantian satu persatu menimpuk susunan lempeng genteng tersebut dengan bola kasti hingga tumpukan tersebut jatuh (atau berantakan). Ketika kelompok berhasil menjatuhkan tumpukan maka segera lah berlari untuk menghindari serangan timpukan bola kasti dari lawan untuk menjaga agar tumpukan genteng tetap dalam kondisi berantakan (inget banget nih temen saya menimpukkan bola kastinya lumayan cukup keras juga ternyata ☹). Nah, kelompok yang menang tadi, kemudian berusaha kembali untuk menyusun tumpukan lempengan genteng tadi ke kondisi semula lagi (kurang kerjaan banget ya guys hahah udah di hancurin eh disusun lagi 😃, ya itulah serunya permainan ini 😃 😃)

Ketika salah satu anggota lawan berhasil menimpukkan bola kasti tersebut ke kelompok yang menang, maka petugas penjaga berganti. Gilirang kelompok yang menang yang menjaga dan mengincar lawan. Permainan akan berakhir ketika salah satu dari kelompok tersebut berhasil menyusun kembali lempengan pecahan genteng tersebut sambil menyebut kata “cinaboy”.

Seru kan guys permainan kita jaman dulu... Sekarang udah jarang saya temuin anak-anak bermain “cinaboy” ini, ya selain karena faktor lingkungan yang sekarang udah jarang menyediakan ruang untuk bermain, anak-anak jaman sekarang udah terbiasa dengan permainan yang disajikan oleh smartphone. Masih banyak permainan era 90-an selain ini yang akan saya psoting lagi, untuk permainan ini cukup sampai di sini ya guys. Selamat bernostalgia guys…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tamagoci

Anak perempuan era 90-an mana yang gak tau benda “Tamagoci” ini?? Gambar permainan tamagoci Pasti anak perempuan era 90-an dulu p...